Cara Mudah Menuji Keaslian Pupuk KCL


Hal yang paling menyakitkan adalah di hianati, dalam hal ini saya sebagai konsumen pembeli pupuk KCL merasa tertipu dan tentunya rugi yang tidak sedikit setelah saya mengetahui ternyata pupuk KCL yang saya beli ternyata kualitasnya rendah dan mungkin saja PALSU atau bisa juga OPLOSAN yah...ini hanya bisa dibuktikan di laboratorium, kejadian ini kami rasakan setelah penurunan produksi hasil kebun sawit kami yang sangat dratis...padahal dosis sesuai dengan prasyarat yang dianjurkan. belum lama ini hati saya semakin hancur  karena ditemukan di Kab.Indragiri Hulu Riau pupuk merek Mahkota yang diduga palsu sebanyak 70 Ton....ini seperti membeli sampah dengan harga mahal sampah masih mending ada unsur haranya nah ini malah merusak tanah padahal setiap karungnya 50 Kg harganya 225 Ribu.
kami Pertani kelapa sawit sangat dibikin resah dengan beredarnya Pupuk Palsu atau bisa jadi Oplosan yang beredar ditempat kami...sangat sulit membedakan pupuk Asli atau bukan dan kalaupun ingin membuktikan harus dibawa sampel atau contoh ke Propinsi yang sangat jauh dari kami dan tentunya biaya yang tidak sedikit sangat tidak mungkin, tapi kalau memang tidak ingin kecewa dan kebutuhan pupuk sangat banyak lebih baik diperiksa saja keaslianya  karena percuma saja kalau dipupukan habis uang hasilpun tidak ada...mending uangnya untuk beli Jangkos (Janjangan Kosong Kelapa sawit ) sudah Pasti ada hasilnya walaupun kandung unsur hara tidak lebih tinggi dengan pupuk Kimia.

Manfaat Pupuk KCL Bagi Kelapa Sawit:

1. Untuk Pertumbuhan Batang

unsur hara kalium paling besar berguna untuk pertumbuhan batang kelapa sawit sehingga batalang kelapa sawit lebih kuat
2. Untuk Pembentukan Bakal Buah
Dengan Unsur hara lain utuk pembentukan buah kela sawit, Meningkatkan kualitas buah (buah lebih besar dan berat tahan stress kekeringan

Kekurangan Unsur hara Kalium KO2 (MOP/KCL) seperti dibawah ini
Pupuk KCL mempunyai sifat yang mudah larut di dalam air, jika sulit larut bahkan tidak larut sudah di pastikan Palsu.
Untuk pengujian sederhana yang mudah  siapkan:
  1.  Gelas bening  (Tembus pandang) sedang, siapkan sebanyak pupuk yang akan di uji, dalam hal ini saya akan menguji tiga merek pupuk yang beredar di tempat saya.
  2. Siapkan Sendok makan
  3. Air Mineral secukupnya
  4. Pupuk KCL yang akan di Uji
Pengujian:
  1. Isi gelas semuanya dengan Air mineral setengahnya atau jangan sampai luber
  2. Masukan ke gelas Pupuk dari masing-masing merek, yang saya Uji seperti gambar dibawah yaitu sebelah Kiri Pupuk KCL Merek Mahkota dengan harga Rp.300 Ribu, Gelas Tengah Pupuk KCL Mereka Mahkota dengan Harga Rp.225 Ribu, Sebelah Kanan Pupuk KCL Merek NK dengan Harga Rp.225 Ribu.
  3. Selanjutnya aduk masing-masing gelas yang sudah diberi pupuk sampai larut, kalau tidak larut sudah dipastikan tidak asli.
  4. Tunggu beberapa saat sehingga nampak hasilnya.

Hasil Pengujian:
  1. Pada Gelas Kiri (Pupuk Asli) merek Mahkota  setelah pupuk yang tercampur di air diaduk dan setelah ditunggu beberapa saat maka suhu air akan berubah menjadi dingin dan bisa kita rasakan kalau jari kita masukan di di gelas dan tampak jelas pengembunan di sekitar gelas sebelah kiri,  ini menandakan suhu lebih dingin di dalam gelas dari pada di luar gelas, untuk warna setelah diadur warnanya merah bata kering, setelah pengadukan warna air merah bata n beberapa saat sari dari pupuk yang berwarna merah bata kering akan mengapung diatas air gelas dan endapat tadi yang mengapung bisa kita ambil di jari kita (Inilah ciri-ciri cara sederhana pengujian Pupuk KCL yang Asli) hal ini saya bandingkan dengan pupuk dari Perusahaan Perkebunan kelapa sawit yang ada di Peranap yang terjamin keaslianya dan sudah di uji coba di laboratorium dan hasilnya sama dengan pupuk KCL yang asli yang beredar di Peranap dengan Pupuk perusahaan kelapa sawit.
  2. Hasil Pengujian Pupuk Sebelah Tengah merek Mahkota dan Kanan Merek NK hampir sama yaitu saat setelah proses pengadukan tidak ada perubahan suhu air didalam gelas, untuk warna merah bata basah, setelah pengadukan tidak ada inti sari pupuk yang mengapung dan apabila di biarkan semalaman air tetap berwarna merah bata basah ini kebalikan dari sifat pupuk KCL asli yaitu apabila dibiarkan semalaman air akan kembali jernih.
Pengujian diatas tidak bisa kita jadikan tolok ukur keakuratan 100 % tapi cara sederhana bagi petani yang jauh dari propinsi sekedar untuk uji pupuk, cara diatas dari pengalaman pribadi yang semoga dari pengalaman pribadi ini dapat membantu semua orang dan saya mohon bagi para pembaca dengan bijaksana tulisan saya ini tidak digunakan sebagai bahan membantah atau membuat keributan para penjual pupuk jika diketahui bahwa memepunyai ciri-ciri diatas karena kita membantah atau menuduh para penjual pupuk menjual pupuk palsu harus di buktikan dengan tes uji coba laboratorium sehingga keakuratan bisa 100%.

Source. Astijo Purwanto.2015
http://cobaperbaiki.blogspot.co.id/2015/11/cara-mudah-mengetes-keaslian-pupuk-kcl.htmlhttp://cobaperbaiki.blogspot.co.id/2015/11/cara-mudah-mengetes-keaslian-pupuk-kcl.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Menuji Keaslian Pupuk KCL"

Posting Komentar

latest tweets

flickr photos

random posts

About us

recent posts

random posts

three columns