TIPS MENGATASI PENYAKIT LITTLE LEAF PADA TANAMAN SAWIT



a. Gejala dan penyebab penyakit.

  • Penyakit ” little leaf ” yang sering muncul pada tanaman kelapa sawit muda ( TB & TBM ) adalah disebabkan oleh kekurangan unsur hara Boroum (Boron), suatu unsur micro yang penting bagi tanaman.
  • Ada bermacam-macam tanda (gejala) yang dijumpai pada tanaman yang kekurangan Borium seperti yang disebutkan dalam diagram, salah satu gejala yang sudah parah ialah yang disebut little leaf dimana daun tajuk yang tumbuh kemudian (setelah serangan) lebih kecil sehingga pohon kelihatan bukan tambah besar, tetapi tambah mengecil, itulah sebabnya penyakit ini disebut penyakit ” little leaf ”

b. Pemeriksaan dan sensus.
Periksa dan sensus semua pohon yang menunjukan gejala ” little leaf ” dan kelompokan atas 2 kelas tingkat serangan, sbb :

Tabel Kerusakan dan Gejala ”Little Leaf”
Kerusakan
Tanda ( Gejala )

Ringan
Anak daun patah-patah, ujung daun bengkok, ujung daun melidi, helai daun koyak, ujung daun buta,ujung daun seperti ekor ikan

Berat
Daun kecil, daun-daun seperti tulang ikan, daun pendek/jarang/tumpul, busuk pucuk, busuk umbat.


c. Pemberantasan atau pengobatan.
Sesuai Program Pemupukan tahunan, lakukan pemupukan dengan pupuk Borate ( Borax ) Na2B4O7.10 H2O menurut dosis yang sesuai dengan umur tanaman.

Tabel 14.2. Dosis Pupuk Borax

UMUR
Dosis  Gram / Pokok
Cara Pemberian
0  tahun
1  tahun
2  tahun
3  tahun
4  tahun
25
40
2x40
50
70
Ditaburkan merata dijalur tepi sekeliling piringan.



  • Pelaksanaan program pemupukan Borax tiap tahunnya haruslah disegerakan, untuk mencegah munculnya gejala penyakit.
  • Untuk gejala-gejala penyakit ” little leaf ” tertentu yang dianggap serius dan berkelanjutan walaupun program pupuk Borax sudah dikerjakan, hal ini perlu dilaporkan ke Bahagian Tanaman untuk diberikan dosis ekstra.
  • Pemasangan pupuk Borate harus terpisah, tidak boleh tercampurbdengan pupuk kimia lainnya atau tidak boleh dicampurkan kedalam larutan herbisida.
  • Pupuk Borate mudah terbilas air hujan, karena itu pemasangannya ditunda jika turun hujan lebat diduga segera akan turun.
  • Biaya sensus penyakit masuk Pos Percobaan Bahagian Tanaman dan seleksi, sementara pemasangan pupuk dan pupuknya sendiri masuk ke Pos Pemupukan.
  • Penakaran dan pemasangan pupuk borate harus hati-hati dan teliti karena jika kelebihan dapat menimbulkan keracunan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS MENGATASI PENYAKIT LITTLE LEAF PADA TANAMAN SAWIT"

Posting Komentar

latest tweets

flickr photos

random posts

About us

recent posts

random posts

three columns